Minggu, 21 Juni 2009

Tentang Anime....

Otaku terjemahan bebasnya orang yang tergila gila "sesuatu hal" secara sangat berlebihan. Sesuatu hal yang dimaksud bisa berarti luas namun umumnya lebih banyak ditujukan ke penggemar game, anime dan komik mangga. Arti sebenarnya dari otaku adalah rumah dan tampaknya kata ini dipakai karena seorang otaku kebanyakan jarang keluar rumah dan lebih suka mengurung diri dalam kamarnya ditemani game, mangga komik dan mainan lainya. Mereka kurang peduli dengan dunia sekitarnya dan hanya bergaul dengan sesama otaku. Prilaku mereka cukup menarik dan mungkin juga aneh bagi orang kebanyakan namun yang jelas merkeka bukanlah kelompok anti sosial dan juga eksistensinya sama sekali tidak berbahaya bagi orang lain walaupun bisa jadi karena kegemaran mereka yang berlebihan pada animasi khususnya tokoh wanita , bisa jadi "berbahaya" untuk diri mereka sendiri.

Kalau kegemaran anda masih dalam batas wajar, sepertinya masih belum bisa digolongkan sebagai otaku karena seorang otaku sejati umumnya mempunyai koleksi mangga, game dan mainan lain dalam jumlah ribuan bahkan mungkin puluhan ribu. Seorang otaku anime misalnya, seluruh kamarnya, peralatan, tempat tidur bahkan spray pun bergambar anime. Game, anime dan cosply adalah tige hal yang berbeda namun kadang pelakunya adalah orang yang sama. Seorang penggemar mangga biasanya adalah juga penggemar cosply karena kebanyakan costum cosply diambil dari tokoh mangga atau anime. Demikian juga halnya dengan game. Saya pernah mengunjungi festival cosply terbesar di kota Osaka yang pesertanya berpakaian serba aneh dan datang berkelompok dengan mobil yang seluruh body dan aksesoris dalamnya penuh dengan gambar tokoh anime.

Seorang otaku biasanya mengaku secara terus terang kalau dirinya pengidap penyakit otaku, sebagian lainya cedrung menyembunyikan identitasnya sedang ada juga sebagian kelompok otaku lain yang tidak sadar kalau dirinya adalah otaku. Otaku biasanya tidak memandang umur, gender atau status sosial. Baik anak anak, dewasa, orang usia lanjut, laki atau perempuan adalah sama saja. Perdana meteri Jepang yang sekarang adalah seorang penggemar berat komik mangga, walaupun mungkin belum bisa digolongkan sebagai otaku, namun yang jelas penggemar komik mangga, game dan sejenisnya adalah dari berbagai usia dan status sosial.

Jujur saja, saya bukanlah seorang otaku ataupun golongan otaku yang tidak sadar kalau dirinya otaku, karena di kamar saya hanya ada beberapa judul komik mangga saja belum sampai berjumlah ribuan seperti otaku benaran. Saya juga hampir tidak bersentuhan dengan game, sedangkan cosply kalau sebatas foto-foto dan mendatangi festival mereka sepertinya cukup sering. Jadi di halaman special ini sepertinya saya tidak akan bisa berbuat banyak karena memang tidak mempunyai ide ataupun pengetahuan yang cukup di bidang ini sedang kalau hanya sekedar tulisan umum saja, sepertinya masih bisa diusahakan. Namun site Jepang tanpa game, anime dan coply sepertinya ada yang kurang lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar